Romansa Agrowisata Pabrik Gula Madukismo

August 01, 2024

 ROMANSA AGROWISATA PABRIK GULA MADUKISMO

 

Mengunjungi Pabrik Gula Madukismo yang terletak di Padokan, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Bantul, kita akan merasakan nuansa industri tempo dulu.

 

Agrowisata PT Madubaru PG PS Madukismo, atau Pabrik Gula (PG) Madukismo, dikenalkan ke masyarakat sejak 17 April 1993, dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sejak saat itu, PG Madukismo mendapat kunjungan dari berbagai kalangan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

 


Pengunjung akan mendapatkan penjelasan mengenai proses pengolahan tebu menjadi kristal gula dan proses pembuatan alkohol spiritus. Kalian akan diajak menikmati perjalanan dengan kereta api tua yang berjalan menuju ke area pabrik. Jika berkunjung pada Mei sampai Oktober, kalian bisa masuk ke pabrik dan manyaksikan proses produksi gula maupun alcohol secara langsung.

 

#

 

Ini bukan pertama kalinya saya masuk ke area pabrik. Bertahun sebelumnya saya pernah ke pabrik ini untuk shooting film. Dulu, saya mahasiswa komunikasi yang senang cari pengalaman baru. Membanggakan juga bisa ikut shooting, walaupun cuma film pendek.

 

#

 

PG Madukismo menawarkan kegiatan wisata yang berbeda dengan lainnya. Selain menjafdi wisata industry, juga bersifat edukatif. Seluruhnya dikemas dalam paket Agrowisata PG Madukismo, jika kalian ingin mengikuti wisata ini, harus mendaftarkan diri sebagai peserta argowisata.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe