Rekomendasi Masakan Peranakan di Jogja: Depot Babah Kim

October 12, 2024

REKOMENDASI MASAKAN PERANAKAN DI JOGJA: DEPOT BABAH KIM

 

Agaknya, kurang tepat kalau saya bilang saya “menemukan” hidden gem ini. Nyatanya, DEPOT BABAH KIM sudah buka sejak Maret 2024, saya aja yang kurang jauh maennya… Nyatanya, lokasinya berada di tengah kota, sebuah kedai dengan papan nama besar. Tentu bukan termasuk kategori hidden gem. Tapi saya beruntung, Medio September 2024, saya berkesempatan mengudap sajian peranakan di Depot Babah Kim, atau biasa disebut RUMAH BABAH.

 

Kemarin pas lagi nongkrong, teman saya si gendut @gendut_kulineran, ngajakin makan di sini, katanya rekomended. Jadi, siang itu, kami segera meluncur ke sana, melawan panasnya cuaca Kota Jogja. Sampai di saa, tentu saya harus nyobain sajian masakan kopitiam peranakan besutan Chef Babah.

#

 


MENU DEPOT BABAH KIM

Pilihan menu di sini lumayan banyak. Ada menu ala carte, ada menu bundling juga. Di jajaran menu utama ada pilihan paket nasi, menu bubur, dan menu bakmi. Selain itu ada aneka pilihan pao, snack, toast, dan dimsum. Minumannya ada kopi dan non kopi, ada juga signature. Semua menu racikan khas Chef Babah.

 

“Buat temen-temen yang muslim nggak perlu khawatir. Semua menu dijamin halal, no pork, no lard, dan no angciu. Makan jadi lebih tenang…”

 

Untuk harganya terjangkau banget. Paket nasi mulai 24 Ribu, Menu bubur mulai 15 Ribu, Menu bakmi mulai 24 Ribu. Besaran porsinya jangan tanya, mengenyangkan! Bandrol pao mulai 15 Ribu, snack mulai 10 Ribu, toast mulai 13 Ribu, dan dimsum mulai 19 Ribu. Minuman kopi mulai 13 Ribu, non-kopi mulai 5 Ribu.




Berdasarkan rekomendasi si gendut, untuk jajaran paket nasi, yang rekomended dan best seller ada Nasi Ayam Telur Asin, Nasi Ayam Cabe Garam, dan Nasi Udang Saos Mentega. Tetapi kalian jangan melewatkan paket nasi terbaru mereka, yaitu Nasi Sapi Telur Asin dan Nasi Sapi Saos Mentega, spesial banget! Untuk rekomendasi Pao-nya ada Pao Ayam dan Pao Telur Asin.

 

Nah, kalian juga jangan lewatkan rekomendasi menu dimsum yaitu Dimsum Ayam, Dimsum Udang, dan Kaki Ayam Charsiu. Untuk minumannya, cobain deh menu signature mereka, yaitu Teh Tareek dan Milo Tareek. Tapi bukan tarik mas semongko, ya. Kalau makan di Kopitiam itu wajib nyobain Butter Coffee dan Toast-nya nggak sih?! Yes, kalian harus cobain...


Karena Rumah Babah buka dari jam tujuh pagi, mereka punya menu sarapan. Kadang, menu sarapan mereka tidak ada di menu reguler. Misalnya, mereka pernah menyajikan Nasi Bakmoy dan

 


REVIEW MENU DEPOT BABAH KIM

Kemarin, cukup banyak menu yang kami cicipi. Mulai dari makanan berat, dimsum, snack, sampai pao-nya, semua kami cicipi. HAHAHA! *gimana nggak subur badan ini ckckck^^

 

Untuk pilihan paket nasi ini menurut saya salah satu menu terbaik. Selain porsinya besar, lauknya juga banyak, -hampir setara nasinya. Nasi disajikan dengan lauk pilihan, ada ayam, udang, dan sapi, disajikan dengan telur mata sapi alias telur ceplok yang tampilannya rapi dan cantik, ukurannya juga mantap. Pelengkapnya ada kailan goreng dan lalap mentimun.

 

Yang paling rekomended sih Nasi Sapi Telur Asin, ini ternyata menu baru. Daging sapi dengan bumbu telur asin mantep banget, meski terlalu asin di lidah saya. Belakangan, saya baru tahu ternyata bisa request level asin. Jadi kalau kalian ke sana, sebelum pesan menu bisa tanya-tanya dulu detilnya kepada staff yang melayani.

 


Menu nasi favorit kedua pilihan saya yaitu Nasi Udang Mentega, yang gurih dan creamy. Setelah itu, baru deh Nasi Ayam Cabe Garam, simple, tapi ayam bumbu cabe garam-nya enak. Buset, semua menu itu lu cobain semua, Nisy? Ya iya lah... Semuanya enak, makanya saya ceritakan ke kalian. Kalo’ nggak enak saya diem-diem aja, hehehe.

 

Kami juga nyobain dimsumnya, yang auto jadi favorit saya, -kecuali kaki ayam charsiu. Bukan karena tidak enak, tetapi saya memang kurang suka olahan kaki ayam charsiu. Saus cocolan dimsum rasanya cenderung manis, tapi cocok untuk cocolan. Rasa pao-nya gimana? Lembut tapi ringan, wajib coba pao isi telur asin yang jarang ada di tempat lain.

 

Teh Tareeknya gimanaaa? Alangkah lebih sempurnya jika ditambah kekentalannya. Jika suatu saat nanti saya kembali ke sana, saya akan minta dibuatkan teh tareek dengan sedikit tambahan rasa manis. Ah penasaran sama milo tareek dahal, tapi sayang kemarin nggak nyoba.

 

Seolah mengerti selera pelanggan yang berbeda-beda, Babah menyediakan bumbu-bumbu tambahan yang bisa diambil dan diracik sendiri.

 


SUASANA RUMAH BABAH

Rumah Babah nyaman untuk makan. Ruangannya terang, terbagi menjadi dua area yaitu smoking area dan non-smoking area terpisah. Ruang makan area non-smoking ada ac nya, jadi lumayan sejuk. Untuk area smoking agak panas, cuma ada kipas angin. Dekorasi di Rumah Babah lucu-lucu gaes, khas peranakan. Ada spot foto juga, so buat yang suka foto bisa nih ambil foto di beberapa sudut yang estetik.


Konsep di Rumah Babah tuh semi-open kitchen. Kita memang tidak bisa melihat Chef Babah memasak masakan yang kita pesan, -karena dimasak di dapur dalam. Tapi kita bisa melihat minuman kita diracik oleh
mixologist di open kitcen. Kalau pesan teh/kopi/milo tarik, akan ada atraksi kecil di sana. Liat deh, seru!


Kalau pas kehabisa kuota, mau buka internet juga bisa, karena di sini free wifi. Di Rumah Babah ada minusnya juga, pertama colokan listrik yang terbatas. Yang kedua, area toilet dan washtafel yang kurang terawat, padahal masing-masing ruangannya cukup luas. Untuk menuju ke toilet harus melewati area smoking, yang bagi saya kurang nyaman.


#


LOKASI DEPOT BABAH KIM

Bagi yang belum tahu, Depot Babah Kim berlokasi di dekat Batas Kota (Jogja-Sleman). Tepatnya di Jl. Rogoyudan 1 No.6, Rogoyudan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55284. Jika kalian melintas di Jalan Magelang, pas batas kota langsung saja belok ke arah barat.

 

Lokasi Rumah Babah mudah dicari, depotnya berada di sisi selatan jalan. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa buka peta online, Google Maps, supaya tidak nyasar. Tempat parkir di sini lumayan luas, muat untuk beberapa mobil, dan ada parkir motor juga.

 

Gimana, penasaran nggak? Langsung aja meluncur ke Depot Babah Kim, ajak semua merapat ke Rumah Babah. (RifiaNisya)

 

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe